Jumat, 06 Januari 2012

MULTIMEDIA

1. Definisi dan Konsep
Yang dimaksud dengan multimedia adalah interaksi antara teks, suara, gambar, animasi dan video untuk mengolah informasi. Televisi bukan termasuk multimedia karena tidak ada proses kontrol terhadap data, kita tinggal terima saja jika tidak sesuai maka pindahkan chanelnya.
2. Aplikasi Multimedia
Antara Lain :
a. Presentasi Bisnis
b. Pelatihan berbasis komputer
c. Hiburan
d. Pendidikan
e. Komunikasi
3. Elemen Multimedia
a. Teks
Teks merupakan bentuk dasar dari penyajian informasi. Teks memiliki atribut berupa bentuk dan ukuran.
b. Suara
Suara merupakan media komunikasi informasi yang memanfaatkan telinga. Suara dalam komputer disimpan dalam file-file dengan format tertentu yang dipahami oleh program khusus untuk membuat file tersebut beurubah menjadi suara. Komunikasi suara tidak memperbolehkan adanya delay.
c. Gambar
Suara dalam komputer disimpan dalam file-file dengan format tertentu yang dipahamioleh program khusus untuk membuat file tersebut berubah menjadi sebuah. Format file sangat beragam. Contoh format file adalah BMP, JPEG, dan GIF. Perbedaan format terjadi karena ada perbedaan cara melakukan digitalisasi gambar aslinya. Format yang bisa ditampilkan dalam web adalah JPEG dan GIF.
d. Animasi
Animasi berarti membuat gambar bergerak. Contoh animasi adalah film kartun. Pembuatan animasi tergantung pada teknologi komputer grafik.
e. VIdeo
Video adalah merekam kejadian nyata untuk kemudian disimpan dalam bentuk file. Format film misalnya AVI, DAT, dan MPEG. Kita sudah dapat menyaksikan film tanpa harus mendapatkan keseluruhan file film disebut video streaming.
4. Kebutuhan Perangkat Keras
Kebutuhan Perangkat keras untuk aplikasi multimedia berbeda dengan untuk aplikasi perkantoran karena membutuhkan input output berkualitas. Perlatan input output ini terkadang didesain khusus. Selain perangkat keras internal juga perlu ditingkatkan kemampuannya karena untuk menampilkan animasi dan video yang berkualitas diperlukan kinerja komputer yang sangat tinggi. Prosesor, memori dan VGA harus memiliki kecepatan yang tinggi untuk itu.
5. Pembuatan Aplikasi Multimedia
Beberapa perangkat lunak memang didesain untuk membuat aplikasi multimedia. Perangkat lunak itu disebut multimedia authoring system. Beberapa software yang termasuk adalah Authorware, Quest,Icon Author dan Multimedia Director.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar